Wisata Lava Tour Gunung Merapi, Wisata Mengelilingi Kaki Gunung Merapi

Suasana Jip Wisata Lava Tour Merapi (Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan)
  • Deskripsi Wisata.
Lava Tour Merapi adalah salah satu destinasi wisata yang diminati wisatawan yang berkunjung ke Kota Jogja Klaten. Disini wisatawan akan melihat berbagai pemandangan alam yang indah dan memkau. Anda akan mengendarai mobil Willys yang dipakai ketika perang dunia ke 2. Anda akan mengelilingi kaki gunung merapi dengan melewati makam masal korban dari bencana erupsi  gunung merapi pada tahun 2010 yang terletak di dusun Tangkisan, Tugu Ambruk yang terletak di dusun Petung, jalur Kali Opak dan Kali Gendol yang merupakan jalur utama dari lava panas Gunung Merapi. 

  • Lokasi Wisata.
Perbatasan empat kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Propinsi DIY dan Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten di Propinsi Jawa Tengah.

  • Jam Operasional.
04.30-18.00 WIB
  • Tiket Masuk.
Rp. 400.000,00-Rp. 700.000,00
  • Tarif Paket Lava Tour Merapi

Lava tour Merapi menawarkan sebagai aneka pilihan paket wisata. Paket-paket ini memiliki harga yang beragam. Setiap paket sudah termasuk dengan tiket masuk pada sejumlah titik pemberhentian. Paket wisata ini bisa menampung beberapa orang, sehingga pas untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata keluarga atau bersama teman.

Tarif Paket Lava Tour Merapi
Jenis PaketDurasiHarga
Sunrise Trip (4 Orang)3 jamRp500.000 /Jeep
Sunrise Long Trip (4 Orang)3 JamRp600.000/Jeep
Short Trip (4 Orang)1-1,5 jamRp400.000 /Jeep
Medium Trip (4 Orang)2 jamRp500.000 /Jeep
Long Trip (4 Orang)2-2,5 jamRp600.000 /Jeep
Super Long Trip (4 Orang)3-3,5 JamRp700.000/Jeep

sumber : https://travelspromo.com/htm-wisata/lava-tour-merapi-yogyakarta/
  • Fasilitas.
-Area parkir.
-Toilet.
-Mushola.
-Warung.
-Jasa pemandu.
  • Sejarah.
Sebelum munculnya wisata jip, wisata trail sudah lebih dahulu berkembang. Sensasi mengendarai motor trail saat itu menjadi favorit wisatawan, hingga tak mengherankan warga sampai memiliki 56 motor trail waktu itu. Seiring perkembangan, wisata menggunakan motor trail pun beralih ke mobil jip. Tidak hanya sebagai alat transportasi melewati medan berat, sensasi menikmati panorama alam dari atas jip menjadi daya tarik tersendiri.
"Sebetulnya jip Merapi mulai ada tahun 2011 pertengahan. Selain alat transportasi, jip ternyata punya daya tarik sendiri," kata Babe.
zoom-in-whitePerbesar
Tak mengherankan, kini ribuan warga banyak yang menggantungkan hidup dari wisata jip. Selain pelaku wisata jip, Babe menuturkan, banyak warga yang bekerja sebagai tukang parkir, penjual bensin, hingga tukang foto. Pekerjaan itu tersebut berkaitan juga dengan keberadaan jip wisata.
Indikasi ramai tidaknya jip wisata bisa terlihat dari suasana di Pasar Pakem, pasar tradisional di desa setempat. Ia mencontohkan saat terjadi erupsi, pendapatan pelaku jip wisata menurun hingga berimbas pada sepinya Pasar Pakem.
"Kalau pas kemarin ada Merapi (erupsi), Pasar Pakem menurun sekali. Segitiga yang saling berkaitan," jelasnya.
zoom-in-whitePerbesar
Dalam sehari rata-rata pengemudi jip dapat meraih penghasilan Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu. Pendapatan pengemudi naik pesat ketika wisatawan sedang ramai, dalam sehari mereka bisa meraih pendapatan hingga Rp 200 ribu.
Pendapatan tersebut mereka dulang dari sejumlah rute jip wisata yang ditawarkan, yaitu Rp 350 ribu untuk rute pendek (short) yang meliputi rute museum bekas rumah yang terkena erupsi Gunung Merapi, Batu Alien, dan bunker.
Kemudian Rp 450 ribu untuk kategori medium, rute ditambah melewati petilasan Mbah Maridjan serta wisata air; dan Rp 550 ribu untuk kategori long dengan jarak tempuh dan waktu yang lebih panjang.

sumber : https://kumparan.com/kumparannews/sejarah-munculnya-wisata-jip-lava-tour-merapi/full



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panoraten

Kota Klaten

Jumlah Pengunjung

Tempat Berincang