Wisata Umbul Manten, Wisata yang Bermula dari Legenda Sepasang Pengantin yang Hilang Secara Misterius


harga tiket masuk umbul manten
sumber : https://www.instagram.com/umbulmanten/
  •  Deskripsi Wisata.

Umbul Manten adalajh kolam alami yang difungsikan menjadi tujuan rekreasi air di Kota Klaten, Jawa Tengah. Umbul ini mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu berupa pohon-pohon yang besar dan keindahan kawasannya.

Karena umbul ini memiliki air yang langsung dari mata air. Airnya sangat jernih, sebening kaca sehingga wisatawan dapat melihat dasar kolam dari umbul ini.

  • Lokasi Wisata.
Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

  • Jam Operasional.
07.00-17.00 WIB

  • Tiket Masuk.
Rp. 10.000,00

  • Fasilitas Wisata.
-Kamar ganti.

-Toilet.

-Mushola.

  • Sejarah Wisata.
Konon, penamaan umbul ini bermula dari legenda sepasang pengantin yang hilang secara misterius di kawasan umbul.

Umbul bagi warga di Polanharjo bisa berarti mata air. Manten merupakan sepasang pengantin. Umbul Manten berarti mata air pengantin.

Legenda Umbul Manten bermula dari sepasang pengantin yang dianggap melanggar kebisaan orangtua di zaman dahulu, yakni sepasang pengantin tak boleh keluar rumah selama 40 hari pascapernikahan. Tapi, hal tersebut dilanggar oleh sepasang pengantin.

Terdapat pengantin yang nekat keluar rumah saat petang. Suami berjalan di depan, istri berada di belakangnya. Begitu sampai di sebuah mata air di bawah pohon rindang, suami menoleh ke belakang mencari istrinya. Namun, suami tersebut tak mendapati istrinya.

Sebaliknya, sang istri ingin mengejar suaminya, tiba-tiba ia kehilangan jejak dan tidak menemukan suaminya tersebut. Hingga akhirnya, sepasang pengantin itu menghilang.

Tak ada satu orang pun yang mengetahui keberadaan pasangan pengantin tersebut. Dari legenda ini, mata air tersebut diberi nama Umbul Manten.

sumber : https://www.solopos.com/legenda-umbul-manten-klaten-bermula-dari-pengantin-yang-tiba-tiba-menghilang


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panoraten

Kota Klaten

Jumlah Pengunjung

Tempat Berincang