Peninggalan Abad ke-8 yang Memukau, Candi Sewu




  • Deskripsi Candi.
Candi sewu, ialah kumpulan candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Peninggalan pada abad ke-8 ini terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini terletak cukup dekat dari Candi Prambanan. Sebenarnya di kumpulan candi ini hanya terdapat 249 candi, tapi masyarakat setempat lebih sering memanggilnya Candi Sewu, yang artinya "Seribu Candi" karena sangat banyak tak terhitung.
  • Lokasi Candi.
Secara administratif, kompleks Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.
      -  Alamat : Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Jam Operasional Wisata.
Senin - Minggu : 06.00 WIB - 17.00 WIB (6 AM - 5 PM) 
  • Harga Tiket Masuk Dan Parkir.
> Tiket Masuk. 
- Domestik Rp. 10.000,00 - Rp. 50.000,00
- Turis/Mancanegara $18 -$25

> Tiket Parkir.
- Kendaraan Roda Dua Rp. 2000,00
- Kendaraan Roda Empat Rp. 5000,00
  • Fasilitas.

 >Fasilitas yang akan Anda dapatkan jika berkunjung ke Candi Sewu adalah:

  1. -Area parkir yang luas.
  2. -Terdapat kamar mandi dan toilet.
  3. -Terdapat musholla.
  4. -Disediakan panggung hiburan.


  • Sejarah Candi.
Ternyata, candi ini umurnya tidak kalah dengan Candi Borobudur malah bisa dibilang lebih tua dibanding Candi Borobudur dan juga Candi Prambanan.

Dikutip dari Prasasti Kelurak yang ditulis tahun 782 dan Prasasti Manjusrigrha pada tahun 1960, nama sebenarnya candi tersebut ialah “Prasada Vajrasana Manjusrigrha” yang berarti candi atau kuil. Sementara Vajrajasana sendiri memiliki arti tempat Wajra (Intan atau Halilintar) serta Manjusri-grha ialah rumah Manjusri.

Menurut sejarah, Candi Sewu pernah diperluas pada saat Kepemimpinan Rakai Pikatan yaitu pangeran dari dinasti Sanjaya yang memikat dan menikahi Pramodhawardhani dari dinasti Sailendra.

Saat Dinasti Sanjaya berkuasa, pemerintahan Dinasti Sanjaya membiarkan masyarakatnya memilih kepercayaan yang diyakininya maka dari itu tak menjadi pertanyaan lagi jika Candi Sewu yang Candi Budha berdekatan dengan Candi Prambanan yang merupakan Candi Hindu.

Legenda mengenai candi ini sering dikaitkan dengan cerita Roro Jonggrang. Serta, nama dari Candi Sewu sendiri diambil berdasarkan kisah tersebut. Kebanyakan dari kalian mungkin berpikir bahwa ada 1000 candi di dalamnya, padahal sebenarnya hanya ada 249 candi saja.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panoraten

Kota Klaten

Jumlah Pengunjung

Tempat Berincang