Candi Prambanan, Candi Bercorak Hindu Terbesar di Indonesia

sumber:https://www.tempatwisata.pro/wisata/Candi=Prambanang
  •  Deskripsi Wisata.
Candi Prambanan merupakan candi bercorak agama hindu terbesar di Negara Indonesia. Selain merupakan candi bercorak agama hindu di Negara Indonesia, Candi Prambanan juga merupakan salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Candi Pramaban dibangun pada abad ke-9 Masehi, diperkirakan dibangun pada tahun 850 Masehi. Candi Prambanan termasuk salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Candi Prambanan merupakan wisata andalan bagi para wisatawan . Tentu tak heran karena keindahan pemandangan dan struktur candi yang begitu menakjubkan membuat para wisatawan yang melihat akan langsung mampir ke Candi Prambanan untuk berkunjung.

  • Lokasi Wisata.
 Jalan Raya Solo, Yogyakarta Nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  • Jam operasional.
Setiap hari, 06.00-17.00

  • Tiket Masuk.
- WNI Rp40 ribu untuk dewasa dan Rp20 ribu untuk anak-anak.

- WNA Rp250 ribu untuk dewasa dan Rp100 ribu untuk anak-anak.

  • Fasilitas.
-Mushola.

-Toilet.

-Tempat Parkir.

-Guide tour.

-Restoran.

-Gazebo.

-Golf cart.

-Toko souvenir.

  • Sejarah Wisata.

Candi Prambanan dibangun pada tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan. Pembangunannya sendiri berjalan hingga masa pemerintahan Raja Lokapala. Dibangunnya candi ini dimaksudkan untuk dapat menandingi kemegahan Candi Borobudur.

Terdapat cerita rakyat tentang pembangunan Candi Prambanan, yakni kisah Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Dikisahkan bahwa Kerajaan Prabu Boko kalah berperang, sehingga kerajaannya harus rela diberikan kepada Bandung Bondowoso. 

Prabu Boko memiliki seorang anak perempuan, yakni Roro Jongrang. Bandung Bondowoso ternyata terpikat oleh Roro Jongrang, sehingga berkeinginan untuk menyuntingnya. Tetapi karena perbuatan kejinya, Roro Jongrang menolak dan meminta Bandung Bondowoso membangun 1.000 candi dalam semalam.

Meski sedang sakit, Bandung Bondowoso tetap mengerjakan apa yang diminta oleh Roro Jongrang dengan meminta bantuan para jin. Roro Jongrang yang mengetahui hal tersebut langsung menembuk lesung supaya ayam segera berkokok.

Candi pun tak genap berjumlah 1.000, Bandung Bondowoso yang mengetahui kelicikan itu akhirnya mengutuk Roro Jongrang menjadi candi ke 1.000.

sumber:https://www.idntimes.com/travel/destination/naufal-al-rahman-1/info-wisata-candi-prambanan-rute-harga-tiket-dan-tipsnya?page=all



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panoraten

Kota Klaten

Jumlah Pengunjung

Tempat Berincang