Makam Kyai Gribig, Pejuang Islam dari Pulau Jawa



Deskripsi lokasi : 
Makam Sunan Gribig terletak pada  Jatinom, desa Jatinom, kecamatan Jatinom, kabupaten Klaten adalah salah satu tempat wisata religi yang berlokasi di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.Makam Sunan Gribig terkenal di kalangan peziarah dikarenakan merupakan salah satu penyebar agama Islam yang besar dan berhasil dan juga merupakan murid dari sang Sunan Kalijaga.
Kompleks Makam Ki Ageng Gribig memiliki luas 70 m x 40 m (2.800 m2)
Serta luas yang mencapai 15m x 12m (180m2). Kompleks makam tersebut berjarak ± 9 Km dari kota Klaten. Makam (batu nisan) dari beliau sendiri memiliki panjang 2m, yang dibuat dari batu merah dan kayu. Makam itu sekarang menjadi tempat ziarah, yang biasanya ramai dikunjungi pada malam Jumat legi dan Jumat kliwon.
 
Sejarah Singkat :
Sunan Gribig sang Syekh Wasihatno, beliau adalah keturunan Brawijaya V. Beliau juga termasuk keturunan Sunan Giri. Cukup kita membahas silsilah keluarganya, Ki Ageng Gribig berdakwah pada masyarakat yang masih banyak memeluk agama Hindu-Buddha. Ia bersyiar dari Klaten hingga Boyolali dan Surakarta. Beliau sangat pandai dalam strategi dakwah, karena masyarakat masih meyakini pohon dan batu besar bisa diyakinkan sehingga beriman pada Allah SWT. Hubungan Sunan Gribig dengan Sultan Agung sangat baik bahkan sampai ingin diangkat menjadi Bupati Nayaka tetapi beliau menolak dikarenakan ingin menjadi ulama dari pada pejabat. 

Masjid Alit, ialah masjid pertama dari buah tangannya. Banyak bukti sejarah bahwa beliauy adalah ulama yang berhasil dalam dakwahnya. Contohnya seperti Gua Suran dan juga Gua Belan. Dikisahkan ular dan macan menjadi penjagannya saat ia bersemedi. 

Saat kembali dari tanah suci ia membawa oleh oleh tetapi tidak cukup dibagikan kepada penduduk setempat, dan beliau membuat kue sejenis serta disebarkan kepada masyarakat. Beliau membagikannya sambil berkata "Ya Qowiyyu" berarti "Tuhan Berilah Kekuatan" Makanan ini disebut apem berasaldari bahasa arab "Affan" yang bermakna ampunan.  Maka dari itu pula ada Sebaran Apem Yaqowiyyu. Sunan Gribig diberi sebutan tersebut karena ia suka untuk tinggal di rumah beratap gribig (anyaman daun nyiur). 

Lokasi Wisata:
Jl. Masjid Besar No.125, Suran, Jatinom, Kec. Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57481


 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panoraten

Kota Klaten

Jumlah Pengunjung

Tempat Berincang