Candi Merak, Candi yang Dahulunya Terkubur Dalam Tanah.

  • Jam Operasional.
06.00-17.00 WIB

  • Tiket Masuk.
Rp. 5.000,00

  • Fasilitas.
- Area Parkir.

-Toilet.

-Mushola.

  • Sejarah Wisata.

Candi Merak berada di Klaten, tepatnya di Dukuh Candi, Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasi Candi Merah dapat ditemukan di sebelah barat laut Klaten dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Boyolali. Candi ini ditemukan dalam kondisi terkubur pada lahan kosong dengan Pohon Joho dengan beberapa arca yang sedikit terlihat.

Penemuan Candi Merak pertama kali terjadi pada tahun 1925. Dimana beberapa burung merak yang berada di sekitar wilayah ini ditemukan sering bertengger dan tidur di atas pohon Joho. Usia candi ini diperkirakan hampir memiliki kesamaan dengan Candi Bima yang bisa ditemukan di Kompleks Candi Dieng.

Penemuan Candi Merak maupun jenis candi lain di wilayah klaten menunjukkan adanya peradaban agung di wilayah tersebut. Hal ini dipercaya karena candi memiliki fungsi sebagai tempat ibadah dan upacara keagamaan. Latar belakang Candi Merak yang kental dengan agama hindu, membuat bangunan ini diperkirakan berdiri pada masa Kerajaan Mataram Kuno yaitu pada abad ke-8 dan ke-9.

dengan agama hindu dapat diperkirakan bangunan ini berdiri pada masa Kerajaan Mataram kuno pada abad ke-8 dan ke-9.

sumber:https://idsejarah.net/2021/04/candi-merak-klaten.html


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panoraten

Kota Klaten

Jumlah Pengunjung

Tempat Berincang